Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ciri Anak yang Depresi, Orang Tua Bisa Perhatikan Sikapnya!






Pemayung.id -- Anak-anak yang mengalami depresi mungkin menunjukkan gejala dan tanda-tanda tertentu yang bisa berbeda dari orang dewasa.


Depresi pada anak-anak bisa sulit dideteksi karena mungkin belum dapat mengungkapkan perasaan mereka dengan jelas. Ketika sikap anak terlihat beresiko mengalami depresi, orang tua wajib aware dan memastikan kemungkinan gejala depresi pada anak guna mencegah hal yang tidak diinginkan.


Berikut beberapa ciri yang mungkin menunjukan gejala depresi pada anak yang bisa dikenali orang tua, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:


Gejala Anak Depresi

1. Perubahan Mood Signifikan


Anak yang depresi mungkin menunjukkan perubahan mood yang tajam. Misalnya seperti menjadi lebih murung, sedih, marah, atau iritabel.


Beberapa anak yang mengalami depresi mungkin juga merasa tumpul emosinya atau tidak bisa merasakan emosi tertentu.


2. Kehilangan Minat Tertentu


Anak yang depresi dapat kehilangan minat dalam aktivitas yang sebelumnya mereka nikmati, termasuk bermain, berinteraksi dengan teman-teman, atau mengejar hobi.


3. Penurunan Energi


Anak-anak yang mengalami depresi sering mengalami penurunan energi dan kelelahan yang berlebihan. Mereka mungkin tampak lesu dan tidak memiliki motivasi.


4. Perubahan Pola Tidur


Depresi bisa memengaruhi pola tidur anak. Beberapa anak yang mengalami depresi mungkin mengalami insomnia (kesulitan tidur), sementara yang lain bisa tidur berlebihan (hipersomnia).


5. Perubahan Pola Makan


Anak yang depresi mungkin mengalami perubahan dalam pola makan, seperti kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan. Ciri anak depresi ini dapat mengakibatkan perubahan berat badan.


6. Merasa Tidak Berharga atau Bersalah


Anak-anak yang mengalami depresi mungkin merasa tidak berharga, merasa bersalah, atau merasa seperti mereka adalah beban bagi orang lain.


7. Isolasi Sosial


Depresi dapat membuat anak menarik diri dari teman-teman, keluarga, dan aktivitas sosial. Anak yang depresi mungkin merasa sulit untuk berinteraksi dengan orang lain.


8. Gangguan Konsentrasi


Anak-anak yang mengalami depresi bisa mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, belajar di sekolah, atau menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari.


9. Memiliki Pikiran tentang Kematian atau Bunuh Diri


Anak yang depresi mungkin mulai mengungkapkan pemikiran tentang kematian atau bunuh diri. Ciri anak mengalami depresi ini harus dianggap serius dan segera dicari bantuan.


10. Gangguan Fisik


Beberapa anak yang mengalami depresi mungkin mengalami gejala fisik. Ciri anak mengalami depresi ini terlihat dari gejala sakit kepala, nyeri perut, atau masalah tidur yang tidak dapat dijelaskan.



Penting untuk diingat bahwa depresi pada anak-anak dapat memiliki dampak serius pada perkembangan mereka, termasuk prestasi akademik, hubungan sosial, dan kesejahteraan emosional.


Jika Updaters memiliki kekhawatiran tentang kesejahteraan emosional anak, segera konsultasikan dengan seorang profesional kesehatan mental atau seorang psikolog anak yang berpengalaman.


Perawatan dan dukungan yang tepat sangat penting untuk membantu anak mengatasi depresi.


Sumber: Berbagai Sumber.

Posting Komentar untuk " 10 Ciri Anak yang Depresi, Orang Tua Bisa Perhatikan Sikapnya!"