Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Digarap Polda Jambi, Wabup Tanjab Barat Hairan Sebut Hanya Gorengan Politik Saja



Pemayung.id -- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Hairan mendatangi Polda Jambi, Senin (30/10/2023) sekitar pukul 10.00 WIB.


Wakil Bupati (Wabup) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Hairan, terlihat menggunakan kemeja warna biru. Lalu, hampir 1 jam lamanya Hairan pun keluar dari ruangan Subdit III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Jambi.


Perlu diketahui, Wakil Bupati (Wabup) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Hairan datang ke Polda Jambi hanya menandatangani berita acara, bukan untuk diperiksa.


Wakil Bupati (Wabup) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Hairan mengatakan, dirinya datang ke Polda Jambi merupakan bentuk kooperatif. Hari ini penjelasan proses tahapan bongkar rumah dinas, dan juga sudah dinilai terkait KPKNL.


"Hanya tanda tangan berita acara, dan menunggu SK Bupati lebih lanjut. Hari ini tidak bisa dibuktiin, kita hari ini prosesnya sudah, dan berita acaranya sudah lengkap," ujarnya.


Pemeriksaan atas renovasi rumah dinas, dikatakan dia, hanya gorengan politik saja dan sebetulnya pada hari ini proses KPKNL sudah berlangsung.


"Kita nunggu hasil penilaian KPKNL itu dan SK Bupati, selanjutnya di lelang," kata dia.


Terkait Masalah Aset


Dia menyampaikan, pada hari ini sedang diproses di KPKNL dan sisa- sisa barang renovasi ada di workshop. Barang- barang itu pun tidak ada yang berkurang 1 pun.


"Maka sudah dibuat berita acara, waktu pengambilan barang dengan serah terima barang hari ini lengkap. Kalau diduga penggelapan, penggelapan yang mana kita bingung juga," sebutnya.


Sementara itu, Kasubdit III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Jambi AKBP Ade Dirman mengatakan, kedatangan Wakil Bupati (Wabup) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) bukan untuk diperiksa.


"Bukan diperiksa, ada datang terkait dengan berita acara yang ditandatangani," katanya.


Permasalahan ini, disampaikan dia, karena adanya laporan yang mana katanya Wakil Bupati (Wabup) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Hairan menggelapkan aset hasil bongkarkan dari Rumah Dinas.


"Saya yang mimpin waktu itu dan anggota datang kesana ke workshop di inventarisir disitu," sebutnya.


Bongkahan itu, disebutkan dia, masuk di KPKNL pada tanggal 30 hingga tanggal 2, yang mana jadwal untuk dilelang.


"Setelah tanggal 2 baru di lelangkan, berapa yang mau. Ini tergantung penilaian dari pada KPKNL, itu saja, kita bawa kesini itu, di undang itu, suruh bawa tahapan- tahapan lelang," ungkapnya.


Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Hairan diperiksa oleh penyidik Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Jambi terkait kasus ronovasi Rumah Dinas itu dikerjakan oleh CV Tri Putra Cont dan pengawasan CV Asta Wiguna Konsultan, anggaran pengawas rumdis Wabup Tanjab Barat ini senilai Rp 140 juta.


Setelah dilakukan Renovasi pada tahun anggaran 2022 lalu sekitar hampir satu miliar rupiah, pada APBD murni tahun 2023 kembali lagi dianggarkan untuk melakukan renovasi sebesar Rp 5 miliar dengan judul rehab berat.


kegiatan pembangunan rehabilitasi rumah dinas Wabup Tanjab Barat ini telah menghabiskan anggaran APBD Senilai Rp 6 Miliar, tahun 2002 Rp 1 Miliar dan Tahun 2023 Rp 5 Miliar, dan akan berkelanjutan di tahun APBD-P mendatang.


Sumber artikel: MetroJambi

Posting Komentar untuk " Digarap Polda Jambi, Wabup Tanjab Barat Hairan Sebut Hanya Gorengan Politik Saja"