Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Penadah TBS Curian, Bupati Bungo Diminta Tindak Tegas Datuk Rio Padang Palangeh Pelepat Ilir

 



Rangkumnews.com, Bungo -  Datok Rio Desa Padang Palangeh, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, diduga menjadi penadah tandan buah sawit hasil curian. 


Hal ini disampaikan oleh, Halim, seorang warga Dusun Palangeh. Selaku pemilik kebun sawit, ia menceritakan kejadian pencurian buah sawit miliknya yang terjadi pada Minggu (29/10/2023) lalu. Yang dicuri oleh seorang pemuda warga setempat berinisial R. 


"Mulai dari pagi hingga sore hari pelaku (R) memanen sawit sayo secara diam-diam, sayo curiga dengan salah satu warga Dusun Padang Palangeh lalu sayo interogasi, sayo tau betul dengan pelaku yang diduga melakukan pecurian buah sawit milik sayo," kata Halim, kepada media ini, Selasa (31/10/2023). 


Dikatakan Halim, buah hasil curian ini diduga telah dijual oleh pelaku R ke Loading milik Kepala Desa Padang Palangeh (Datuk Rio). Namun, kata dia, saat dirinya datang ke rumah Datuk Rio, bukan mendapatkan solusi atas musibah yang menimpanya malah ia diusir dan keluh kesahnya tidak ditanggapi oleh Datuk Rio. 


"Sayo sangat kecewa dengan Rio Dusun Padang Palangeh, sebagai warganya sayo berhak mengadu dengan Datuk Rio tempat sayo tinggal, perkiraan ado berkisar 6 hingga 7 pikul yang diduga dipanen oleh pelaku pencuri, namun yang berhasil diangkut pelaku sebanyak 3 keranjang, yang masih tinggal dilokasi berkisar 3 pikul. Kami menduga pelaku menjual sawit hasil curian di Loading sawit milik Datuk Rio, seharusnyo Datuk Rio sebelum membeli sawit pastikan betul buah sawit yang dijual itu jelas sumbernya, jangan terkesan seperti penadah hasil barang curian," ungkap Halim, dengan nada kesal. 


Lebih lanjut, Halim meminta kepada Bupati Bungo Mashuri agar menindak aparat desa yang telah melanggar hukum. "Kami minta tolong pak Bupati lah, tindak lah Datuk Rio Padang Palangeh ini. Biar ada efek jerah," harapnya. 


Saat dikonfirmasi tim Pemayung.id, Rio Dusun Padang Palangeh, Edi Kartono membenarkan telah membeli tandan buah sawit dari pelaku R. 


"Benar pelaku R telah menjual buah sawit kepada saya," kata Edi Kartono, menjawab konfirmasi media ini. 


Namun Edi Kartono menyampaikan bahwa ia awalnya tidak mengetahui asal usul Tandan Buah Segar (TBS) tersebut.


"Anak yang menjual Tandan Buah Segar tersebut mengaku yang dia jual adalah buah sawit milik kebun bapaknya, makanya saya terima dan anak itu mengaku bapak ibunya lagi di Padang, dan Tandan Buah Sawit yang dijual berkisar 2 hingga 3 pikul," ucapnya. 


Sementara perihal tudingan Halim yang menyebut Rio Dusun Padang Palangeh bersikap arogan dan tidak memberikan pelayanan baik terbaik kepada warganya, Edi Kartono membantahnya. Malah dirinya siap apabila nanti permasalahan ini dibawah keranah hukum. 


"Saya siap mau diselesaikan dimana, tapi kan kita lihat dulu. Kalau sidang adat nah yang bersangkutan (pelaku R) mau makan saja susah. Sidang adat kan perlu biaya," tegasnya. 


(Redaksi)

Posting Komentar untuk " Jadi Penadah TBS Curian, Bupati Bungo Diminta Tindak Tegas Datuk Rio Padang Palangeh Pelepat Ilir"