Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Kemendagri Tak Pilih Satupun Nama Calon Pj Walikota Jambi yang Diajukan Gubernur Al Haris?

 


Pemayung.id -- Misteri siapa yang akan menjadi Penjabat (Pj) Walikota Jambi semakin mengguncang publik setelah DPRD Kota Jambi dan Gubernur Jambi mengajukan tiga nama sebagai calon pada tanggal 5 Oktober 2023.


Hingga saat ini, identitas calon Pj Walikota Jambi masih terbungkus rapat.


Sebelumnya, lima nama sempat beredar sebagai calon Pj Walikota Jambi. Kelima nama tersebut, yaitu A Ridwan, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Jambi.


Di antara nama-nama lainnya terdapat Doni Iskandar, Arif Munandar, Jon Eka Powa, dan Kemas Fuad, yang merupakan pejabat eselon II Pemerintah Provinsi Jambi.


Namun, perkembangan terbaru, menurut sumber terpercaya Jambi Link, tidak ada dari kelima nama tersebut yang dipilih oleh Menteri Dalam Negeri untuk mengisi jabatan Pj Walikota Jambi.


Dikabarkan bahwa Menteri Dalam Negeri akan memberikan amanah tersebut kepada salah satu pejabat dari internal Kementerian Dalam Negeri.


Dari informasi yang berhasil dihimpun oleh media ini, pejabat tersebut berinisial SP. Ia seorang perempuan. Informasinya, SP akan menjadi calon yang mungkin untuk mengisi jabatan tersebut.


Pejabat berinisial SP itu juga diketahui merupakan salah satu staf ahli di Kementerian Dalam Negeri.


Pj Walikota Jambi dijadwalkan akan dilantik pada tanggal 7 November 2023, pekan depan. Ini menambah ketegangan dalam perjalanan menuju penetapan Pj Walikota yang akan memimpin Kota Jambi dalam waktu dekat.


Pada Jumat, 6 Oktober 2023, Gubernur Jambi Al Haris menyatakan bahwa usulan nama-nama calon tersebut telah diajukan ke Kemendagri.


“Sudah diusulkan,”ujarnya.


Namun, ia enggan mengungkapkan nama-nama tersebut, mengatakan bahwa pemilihan calon Pj sepenuhnya menjadi pertimbangan Kemendagri dan Presiden RI.


Kriteria yang dipertimbangkan Al Haris dalam pemilihan calon Pj adalah rekam jejak, pengalaman, dan kemampuan selama bekerja. Ia menekankan bahwa calon Pj harus netral dalam berpolitik dan tidak memihak ke mana pun karena menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).


Ketua DPRD Kota Jambi Absor mengatakan pengusulan nama-nama calon Penjabat Walikota telah dilakukan setelah berbagai tahapan yang melibatkan fraksi di DPRD. Pada akhirnya, nama-nama yang mendapatkan dukungan lebih banyak dari faksi tersebut diusulkan ke Kemendagri pada tanggal 5 Oktober 2023.


Sumber artikel: JambiLink

Posting Komentar untuk "Benarkah Kemendagri Tak Pilih Satupun Nama Calon Pj Walikota Jambi yang Diajukan Gubernur Al Haris? "