Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disebut Abaikan Masyarakat Demi Kepentingan Perusahaan Swasta, Ini Pernyataan Pemkot Jambi



Pemayung.id - Pemerintah Kota Jambi membantah keberpihakan kepada PT SAS untuk membangun stockpile batubara ketimbang kepentingan masyarakat. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Kota Jambi, Abu Bakar. 


Dikatakan Abu, penyampaian Pj Walikota Jambi adalah tanggapan terhadap pembangunan proyek secara umum bukan hanya tertuju kepada pembangunan stockpile batubara belaka. 


"Bila kita baca secara lengkap, yang disampaikan ibu Wali Kota itu adalah tanggapan beliau terhadap proyek pembangunan secara umum, tentu tepat beliau menyampaikan tidak menolak proyek pembangunan sepanjang proses pembangunan itu dilaksanakan sesuai ketentuan aturan perundang-undangan serta berdampak positif bagi masyarakat," kata Abu Bakar, Rabu (29/11/2023). 


Abu kembali menekankan bahwa tidak ada tanggapan Pj Walikota yang menolak atau tidak menolak terhadap rencana pembangunan stockpile batubara tersebut. 


"Beliau tidak dalam posisi menolak atau tidak menolak terhadap rencana pembangunan stockpile tersebut, karena hal itu bukan otoritas sendiri Wali Kota Jambi banyak pihak yang harus mengkaji dan terlibat dalam proses tersebut, seperti pemerintah pusat, pemprov Jambi, pemkab Muaro Jambi, kajian para ahli, termasuk juga yang tak kalah pentingnya adalah masyarakat setempat yang berdekatan dengan proyek tersebut harus dikomunikasikan dengan baik dan didengar pendapatnya, itulah sebetulnya pembangunan yang partisipatif," tegasnya. 


Dengan tegas Abu Bakar menyampaikan bahwa Pemkot Jambi akan selalu mendengar aspirasi masyarakat. 


"Yang jelas, Pemkot Jambi akan terus mendengar aspirasi semua pihak, mengawal dan mengkaji proyek tersebut, agar dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta tidak menimbulkan kerugian khususnya bagi masyarakat kita yang berdekatan dengan lokasi proyek tersebut," tutupnya. 


Sebelumnya Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih yang mengaku bahwa pihaknya mendukung penuh PT SAS untuk membangun stockpile di Aur Kenali. 


"Kita ikuti saja, kemarin (Senin, red) sudah ada pertemuan di kantor gubernur," kata Sri, Selasa, (28/11/2023).


Saat ditanya apakah Pemerintah Kota Jambi masih menolak pembangunan stockpile yang akan dibangun PT SAS di kawasan Aurduri, Sri mengaku tidak menolak.


"Pemerintah Kota Jambi tidak menolak PT SAS. Kita bagian dari satu barisan pemerintah. Pemerintah Kota Jambi, Provinsi Jambi dan Pemerintah Pusat itu satu baris," sebutnya seakan tak ada beban. 


"Apabila ada kebijakan dari pemerintah pusat maupun provinsi, kita ikuti. Namun kita punya tugas juga bagaimana kebijakan ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hanya itu," tambahnya.


(Wandi)

Posting Komentar untuk " Disebut Abaikan Masyarakat Demi Kepentingan Perusahaan Swasta, Ini Pernyataan Pemkot Jambi"