Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dituding Proyek Rp 18 M Tak Sesuai RAB, BWSS VI Malah Minta Pemkot Jambi Perhatian Dengan Sampah di Danau Sipin



Pemayung.id -- Banyaknya jumlah sampah yang menumpuk di kawasan Danau Sipin Kota Jambi, menjadi alasan tersendiri mengapa sejumlah pekerjaan bronjong yang dilakukan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI menjadi gagal. 


Alasan ini disampaikan Kasi OP Balai Wilayah Sungai Sumatra VI, Yudi Pratikno,   saat menerima aksi damai para emak emak yang tergabung dalam Komunitas Peduli Wisata Danau Sipin, Kota Jambi pada Kamis 9 November 2023.


"Kami BWSS VI meminta partisipasi dari pemerintah kota Jambi dan dinas terkait dalam menangani permasalahan sampah yang ada di Danau Sipin," ungkap Yudi. 


Yudi Pratikno juga menyatakan bahwa pihaknya akan segera meninjau ulang kawasan yang telah dikeruk dan akan memperbaiki atau mengganti kawat bronjong yang rusak atau hilang.


Diketahui, Jhon selaku Ketua Pokdarwis Kampung Wisata Danau Sipin meminta pihak Balai Wilayah Sungai Sumatra VI untuk mengecek pekerjaan yang dikerjakan oleh PT Air Panas Semurup, yang diduga dilakukan secara asal-asalan dan tidak ada manfaatnya.


“Pekerjaan senilai Rp 18 miliar lebih tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi masyarakat setempat dan diduga pengerukan dilakukan di lokasi yang lain untuk mencari keuntungan yang lebih besar,” tutur Jhon.


Jhon juga menyoroti kondisi pengerukan yang tidak efektif dan dangkal serta pelampung jaring penahan sampah yang tidak terkontrol di saat air banjir.


Selain itu, diduga pemasangan beronjong tidak sesuai dengan RAB yang telah dikeluarkan sesuai dengan kontrak kerja yang jumlah volume nya 9.627m^3.


Aksi damai tersebut menunjukkan bahwa masyarakat peduli wisata Danau Sipin memperjuangkan usaha menjaga lingkungan dan keindahan wisata di daerah mereka.


Diharapkan, tuntutan dari aksi ini dapat segera ditindaklanjuti dan dapat memperbaiki kondisi danau serta membawa manfaat yang lebih baik bagi lingkungan dan masyarakat setempat.


(***)

Posting Komentar untuk "Dituding Proyek Rp 18 M Tak Sesuai RAB, BWSS VI Malah Minta Pemkot Jambi Perhatian Dengan Sampah di Danau Sipin"