Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adu Rekam Jejak 3 Cawapres: Mahfud MD Lawan Terberat Gibran dan Cak Imin di Debat Kedua?




Pemayung.id --- Tiga sosok cawapres yang akan bersaing dalam kontestasi politik 2024 terus menjadi sorotan publik, mulai dari latar belakang pendidikan hingga rekam jejak.

Ketiganya memiliki latar pendidikan dan pengalaman yang berbeda, sehingga momen debat sangat dinanti oleh publik untuk melihat bagaimana visi dan misinya.

Jelang debat cawapres, berbagai spekulasi muncul dari warganet di media sosial, salah satunya menyebut bahwa Mafud MD adalah lawan terberat.

Apakah benar demikian? Berikut rekam jejak dan pendidikan dari ketiga cawapres Pilpres 2024.

Abdul Muhaimin Iskandar

Dr. (H.C.) H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si., atau yang lebih akrab disapa Cak Imin adalah seorang politisi yang memegang mandat sebagai Ketum PKB sejak 2005.

Bicara soal pengalaman, Cak Imin telah lama masuk dalam dunia politik. Pada tahun 1999, ia memulai kiprahnya di parlemen mewakili Sidoarjo.

Kemudian, Cak Imin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sejak 2018 hingga 2019.

Tak berhenti sampai di situ, ia juga sempat mengemban amanah sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bidang Kesejahteraan Rakyat periode 2019-2024.

Ketika SBY menjadi presiden, Cak Imin diangkat menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pada periode 2009-2014.

Pria yang lahir pada 24 September 1966 di kota Jombang, Jawa Timur ini adalah putra dari Muhammad Iskandar, pengasuh pondok pesantren Mamba'ul Ma'arif.

Tak hanya mondok, sebagai santri Cak Imin juga mengenyam pendidikan di sekolah umum, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah Jombang, Madrasah Tsanawiyah Negeri Jombang, dan dilanjut Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.

Selepas lulus, Cak Imin melanjutkan pendidikan S1 Sarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada (1991), dilanjut S2 Magister Ilmu Politik, Universitas Indonesia (2001), dan S3 Doktor Honoris Causa Ilmu Politik, Universitas Airlangga (2017).

Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka, B.Sc adalah seorang pengusaha yang kemudian menjadi politisi dengan menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Putra sulung Jokowi ini menghabiskan masa kecil di Solo, namun setelah lulus SMP, ia melanjutkan sekolahnya di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Pada tahun 2010, ia meneruskan studi ke Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan University of Technology Insearch, Sydney.

Sekira delapan tahun ia tinggal di luar negeri untuk mengenyam pendidikan, setelahnya ia pulang dan merintis usaha di bidang kuliner.

Bahkan, prestasi dalam bidang kuliner membuatnya didapuk sebagai Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Soal politik, Gibran disebut sebagai cawapres yang paling minim pengalaman karena hanya pernah menjabat sebagai Wali Kota selama dua tahun.

Kendati demikian, Gibran juga dianggap sebagai cawapres yang mewakili kaum milenial dan pelaku UMKM.

Mahfud MD

Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P atau yang lebih akrab disapa Mahfud MD adalah seorang politisi senior yang memiliki jam terbang tinggi dalam urusan politik.

Selama berkarier, ia pernah menjadi dosen, eksekutif, legislatif, hingga yudikatif. Ia mengawali kariernya sebagai seorang dosen di Universitas Islam Indonesia.

Pada tahun 2003, Mahfud MD diangkat menjadi Guru Besar bidang Politik Hukum. Sejak itu, namanya jadi populer dan dilantik sebagai Menteri Pertahanan oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada periode 2000-2001.

Selain itu, Mahfud MD juga merangkap sebagai Menteri Kehakiman dan HAM di masa jabatan Abdurrahman Wahid.

Setelah tidak berada di eksekutif, Mahfud MD kemudian terpilih sebagai anggota legislatif dari PKB periode 2004-2009.

Di akhir masa jabatannya, ia mengikuti uji kelayakan calon hakim konstitusi dan dinyatakan lolos sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2008-2013.

Saat ini, Mahfud MD mengikuti kontestasi pilpres sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDIP.

Sumber: SuaraCom

Posting Komentar untuk "Adu Rekam Jejak 3 Cawapres: Mahfud MD Lawan Terberat Gibran dan Cak Imin di Debat Kedua?"