Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hujan Guyur di Sebagian Besar Wilayah Ibu Kota Provinsi Pada Senin



JAMBI -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Senin.


Mengutip situs resmi BMKG di Jakarta, Senin, wilayah yang diprakirakan hujan ringan pada siang hari ini, yakni Bengkulu, Jambi, Surabaya, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, dan Kendari.


Sedangkan untuk wilayah Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Ternate dan Medan diprediksi akan turun hujan sedang.


BMKG juga mengingatkan masyarakat agar waspada potensi hujan disertai petir yang terjadi di Bandung, Pontianak, dan Banjarmasin, pada siang hari ini.


Beberapa wilayah diprediksi berawan pada siang hari ini, diantaranya Denpasar, Pekanbaru, Makassar, dan Manado.


Kemudian wilayah yang berpotensi cerah berawan pada siang hari ini, seperti Jakarta Pusat, Gorontalo, Samarinda, Tarakan, Padang, dan Palembang.

 

Sebelumnya, BMKG juga memperingatkan bahwa Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan memiliki potensi curah hujan tinggi dengan klasifikasi awas.

 

"Tujuh puluh persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Untuk periode akhir Januari 2024, wilayah yang memiliki potensi curah hujan tinggi dengan klasifikasi Awas terjadi di wilayah NTB dan Sulawesi Selatan," kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan.

 

Selain itu, terdapat wilayah yang masuk dalam klasifikasi siaga, yakni Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, Sulawesi Selatan, dan Papua.


(Ant)

Posting Komentar untuk "Hujan Guyur di Sebagian Besar Wilayah Ibu Kota Provinsi Pada Senin"