Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langgar K3, Forkom Ormas Provinsi Jambi Mendukung Penuh Disnakertrans Tindak Pihak JBC



Pemayung.id - Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat (Forkom Ormas) Provinsi Jambi mendukung penuh langkah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jambi untuk memberikan langkah tegas terhadap pihak Jambi Bisnis Center (JBC) Simpang Mayang, Kota Jambi. 


"Forkom Ormas Provinsi Jambi mendukung langkah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam upaya memberikan sanksi sesuai tahapan yang berlaku menurut UU terhadap pembangunan JBC yang tidak menerapkan K3 mulai dari awal pekerjaan," ungkap Ketua Forkom Ormas Provinsi Jambi, Adean Teguh. 


Dirinya menilai tampak ketidak seriusan pihak Investor dan Subkontraktor dalam melakukan pembangunan JBC. Karena mereka, kata Adean Teguh, telah lancang atau terbukti dengan berani melanggar aturan yang sudah diterapkan. 


"Investor dan subkontraktor terbukti tidak serius dalam proses pembangunan JBC, karena tampak mereka tidak menggunakan K3 dalam bekerja," imbuhnya. 


Diketahui sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jambi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pekerjaan Jambi Bisnis Center (JBC), Kota Jambi, Rabu (10/01/2024) siang. 


Hasilnya rombongan yang dipimpin Kepala Disnakertrans Bahari Panjaitan itu marah-marah kepada pihak kontraktor pekerjaan karena masih mengabaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).


Pihak Dinas menemukan dari tiga bangunan ruko terpisah itu dibangun 3 oleh Subkontraktor, puluhan pekerja tak menaati K3. Ada yang tak pakai helm, rompi hingga sepatu yang rawan terinjak paku dan terjatuh dari lantai 3.


"Di atas itu tak pakai helm, sudah jelas buktinya melanggar. Hentikan sekarang kalau tak pakai helm, daripada orang mati, semua hentikan," teriak Bahari dalam tinjauan. Dikutip dari JambiEkpres. 


Dari tinjauan 3 badan hukum (sub Kontraktor pekerjaan) belum menjalankan aturan Undang-undang nomor 1 tahun 1970 tentang K3.


Dalam hal ini, Disnakertrans Provinsi Jambi akan menindaklanjuti pelanggaran yang dilakukan oleh pihak JBC. 


(Redaksi)

Posting Komentar untuk " Langgar K3, Forkom Ormas Provinsi Jambi Mendukung Penuh Disnakertrans Tindak Pihak JBC"