Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prakiraan Cuaca Provinsi Jambi Hari ini, Kamis



Pemayung.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan bakal mengguyur mayoritas kota-kota besar di Indonesia pada Kamis ini.


Laman web resmi BMKG pada Rabu mencatat sejumlah wilayah seperti Medan, Bengkulu, DKI Jakarta, Pontianak, Palangkaraya, Kupang, Gorontalo, Mamuju, dan Manokwari bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan.


Sementara hujan dengan intensitas sedang diprediksikan bakal turun di Tanjung Pinang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, dan Kendari.


Sejumlah wilayah seperti Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Surabaya, Banjarmasin, Mataram, dan Manado diprakirakan akan mengalami hujan dengan disertai petir.


Sementara cuaca berawan diprakirakan bakal menyelimuti sejumlah wilayah seperti Jambi, Ternate, dan Jayapura. Sedangkan awan yang lebih tebal diprakirakan bakal menyelimuti Pekanbaru dan Samarinda.


Adapun cuaca cerah berawan diprakirakan hanya akan terjadi di wilayah Banda Aceh, Denpasar, dan Ambon. Kemudian Tarakan diprakirakan menjadi satu-satunya kota besar di Indonesia yang diliputi cuaca cerah, dengan suhu udara berkisar 26-33 derajat celsius.


Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya telah merilis Climate Outlook 2024 yang dapat digunakan oleh kementerian atau lembaga, pemerintah daerah (pemda) dan semua pihak terkait.


Dwikorita mengatakan Climate Outlook 2024 bisa menjadi salah satu panduan untuk perencanaan dan kegiatan pembangunan pada sektor yang terkait atau terdampak oleh fenomena iklim.


Ia juga menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2024 gangguan iklim dari Samudra Pasifik yaitu ENSO (El Nino-Southern Oscillation) diprakirakan akan berada pada fase El Nino Lemah-Moderat pada awal tahun 2024, kemudian selanjutnya hingga akhir tahun 2024 diprediksi berada pada fase Netral.(Ant)

Posting Komentar untuk " Prakiraan Cuaca Provinsi Jambi Hari ini, Kamis"