Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Proyek Jalan Tol yang Terpental dari Daftar Proyek Strategis Nasional Jokowi



JAMBI -- Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyatakan ada 12 proyek yang dicoret dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Lima diantaranya merupakan proyek jalan tol.


"Memang ada 12 PSN yang dikeluarkan," kata Suroto, Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan, Kemenko Perekonomian dalam media briefing di kantornya, Jakarta, dikutip Kamis (8/2/2024).


Suroto mengatakan proyek tersebut dicoret dari daftar PSN melalui Peraturan Menko Perekonomian Nomor 8 Tahun 2023. Adapun 5 proyek jalan tol yang dicoret di antaranya proyek Jalan Tol Rantau Prapat - Kisaran; Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe: Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli: Jalan Tol Dumai - Sp. Sigambal - Rantau Prapat; dan Jalan Tol Muara Enim - Lahat - Lubuk Linggau.


Suroto menilai, keluarnya proyek-proyek tersebut dari daftar PSN berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian-kementerian teknis. Menurut dia, proyek tersebut diperkirakan belum akan kelihatan progresnya hingga semester II-2024. "Ini kelihatannya belum berprogres sehingga diusulkan dari Kementerian teknisnya," kata dia.


Meski dicoret dari PSN, dia mengatakan bukan berarti proyek-proyek ini dibatalkan. Menurut Suroto, proyek yang dicoret tersebut tetap berlanjut di Kementerian masing-masing, namun tidak mendapatkan fasilitas PSN.


Untuk lebih lengkapnya berikut ini merupakan daftar 12 proyek yang dicoret dari daftar PSN:


1. Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya


2. Penyediaan Air Baku Sidan, Provinsi Bali


3. Jalan Tol Rantau Prapat - Kisaran


4. Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe


5. Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli


6. Jalan Tol Dumai - Sp. Sigambal - Rantau Prapat


7. Jalan Tol Muara Enim - Lahat - Lubuk Linggau


8. SPAM Djuanda/Jatiluhur II, Jawa Barat - DKI Jakarta


9. SPAM Jatigede, Jawa Barat


10. SPAM Kamijoro, D.I.Yogyakarta


11. Pelabuhan Ambon Baru


12. Kawasan Industri Tanggamus, Lampung


Sumber: CNBC Indonesia

Posting Komentar untuk " 5 Proyek Jalan Tol yang Terpental dari Daftar Proyek Strategis Nasional Jokowi"