Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelayanan Kesehatan Terbengkalai, Pemdes Sungai Landai Mestong Sewakan Polindes Jadi Mes Pekerja Jalan Tol




JAMBI -- Pondok Bersalin Desa atau yang dikenal dengan sebutan Polindes, biasanya diperuntukkan untuk warga desa berobat dan tempat untuk diselenggarakannya pelayanan kesehatan lainnya seperti Posyandu. 


Nah berbeda dengan Polindes di Dusun Plangki, Desa Sungai Landai Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi. Tempat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah untuk masyarakat pedesaan ini malah disulap menjadi mes atau tempat tinggal para pekerja pembangunan proyek Jalan Tol Tempino - Betung. 


Pantauan dilapangan, Polindes yang dahulunya tampak bersih kini bangunan plat merah tersebut terlihat kumuh. Tampak dihalaman Polindes hancur dan di penuhi tumpahan oli mesin mobil karena dijadikan parkirnya mobil alat berat dan kendaraan proyek para pekerja. 


Tak hanya itu, tempat pelayanan kesehatan yang seharusnya bersih dan terawat tersebut menjadi kotor. Sehingga mengeluarkan bau tak sedap saat layanan Posyandu untuk para balita warga Dusun Plangki digelar. 


Berdasarkan informasi dari warga setempat, Polindes tersebut disewakan oleh Pemerintah Desa Sungai Landai kepada para pekerja proyek jalan tol berkisar belasan hingga puluhan juta per tahunnya. 


"Iya, Polindes Plangki telah disewakan sejak dimulainya proyek pengerjaan jalan tol pada pertengah tahun 2023 lalu. Untuk berapa disewakan mungkin sama seperti rumah rumah warga di Plangki yang disewa untuk para pekerja proyek yakni ada yang Rp 15 Juta dan Rp 20 Juta per tahun," ungkap seorang warga Plangki yang enggan menyebutkan indetitasnya, Jumat (02/02/2024). 


Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi dari Pemerintah Desa Sungai Landai terkait tempat pelayanan kesehatan desa yang disewakan atau dikomersilkan untuk keuntungan pribadi. 


(Wandi)

Posting Komentar untuk " Pelayanan Kesehatan Terbengkalai, Pemdes Sungai Landai Mestong Sewakan Polindes Jadi Mes Pekerja Jalan Tol"