Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIREKAP KPU Bikin "Gaduh" Warga Jambi, Hingga Anggota KPPS yang Terbukti Pindahkan Suara Caleg



JAMBI --- Tim sukses Calon Legislatif (Caleg) DPR RI nomor 4 dari PDIP, Letjen. TNI (Purn) Agus Suhardi, kembali melaporkan adanya pelanggaran yang dilakukan Anggota KPPS di TPS 04 Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, ke KPU Provinsi Jambi, Senin (19/02/2024). 


Pelanggaran tersebut, dikatakan Yunizar Dunda, Direktur Pemenangan Caleg DPR RI nomor 4 Letjen. TNI (Purn) Agus Suhardi, tim nya mendapati adanya perbedaan jumlah suara pada Plano dan C1 hasil. 


"Kami mendapatkan bukti hasil rekapan suara Caleg nomor 4 mendapatkan 27 suara dalam C Plano, namun dalam rekapan C hasil berubah menjadi 0, berpindah ke Caleg PDIP nomor 3 Ikhsan Yunus. Yang dalam penghitungan sebelumnya mendapatkan 0 suara," kata Yunizar. 



Foto hasil perhitungan suara pada Plano di TPS 04 Penyengat Rendah, Telanaipura




Foto hasil perhitungan suara di C1 Hasil TPS 04 Penyengat Rendah, Telanaipura


Dengan temuan tersebut, Yunizar langsung melaporkannya untuk membuat surat pengaduan ke Bawaslu Provinsi Jambi. 


"Kita minta kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini pihak KPU harus bertanggungjawab atas kesalahan fatal yang dilakukan oleh pihak KPPS," tegasnya. 


Dirinya juga meminta kepada pihak KPU Provinsi Jambi selaku penyelenggara pemilu untuk bertanggungjawab atas kelalaian yang terjadi pada pemilu serentak 2024 ini. 


"Para Komisioner KPU harus tanggungjawab dong, selain Aplikasi SIREKAP bikin gaduh ditengah masyarakat Jambi. Ternyata ada kesalahan fatal yang terjadi di tingkat TPS. Nah ini yang bertanggungjawab harus Komisioner KPU, jangan selalu menyalahkan sistem," ucapnya. 


Menanggapi adanya bukti temuan di TPS 04, Penyengat Rendah Telanaipura, Kota Jambi ini, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Yatno, S.Pdi berjanji akan menindaklanjutinya. 


"Kami akan menindaklanjutinya bukti temuan ini," ungkap Yatno, saat ditemui diruangannya, Senin (19/02/2024). 


Yatno juga mengaku bahwa telah terjadi banyak kesalahan pada SIREKAP KPU, sehingga membuat gaduh ditengah masyarakat Jambi. 


"Kami akui adanya kesalahan sistem pada SIREKAP karena banyak sekali yang meminta agar perhitungan cepat memakai si rekap dihentikan," kata Yatno. 


Diketahui sebelumnya, banyak terjadi kejanggalan pada perhitungan SIREKAP KPU. Terdapat jumlah suara Caleg yang berkurang bahkan ada juga seorang caleg DPR RI yang mendapatkan suara hingga 500.000 lebih. Yang tak sesuai dengan total suara partai yang masuk. 


(Wandi)

Posting Komentar untuk "SIREKAP KPU Bikin "Gaduh" Warga Jambi, Hingga Anggota KPPS yang Terbukti Pindahkan Suara Caleg"