Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurang Populer, Pendatang Baru Sulit Menang di Pilwako Jambi 2024



JAMBI -- Sejumlah wajah baru mulai menebar pesona sebagai calon Walikota Jambi. Mereka secara massiv menebar baliho di sudut-sudut jalan. Tentu saja, dengan pose dan gaya yang menarik perhatian.


Pantauan Tim Jambi Link di lapangan, beberapa nama yang mulai terlihat banyak menebar baliho adalah Eko Setiawan, yang akrab dengan sebutan Eko Sablon. Dia dikenal sebagai pengusaha muda, punya percetakan yang bergerak di bidang advertising. Pernah menjadi anggota DPRD Kota Jambi.


Nama lain adalah Kemas Fuad, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Jambi. Kemas dengan beraninya memasang baliho dengan latar gambar Mantan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA). Mantan Wakil Bupati Muaro Jambi itu memang dikenal sebagai menantu HBA.


Nama berikutnya adalah Roro Nully Kurniasih Kawuri. Dalam baleho kampanyenya yang mulai massiv disebar, politisi Demokrat itu tak segan-segan menyebut siap menjadi calon Walikota Jambi.


Wajah pendatang baru ini diprediksi sulit menang untuk melawan tokoh yang sudah duluan populer, seperti Maulana dan Haji Abdul Rahman alias HAR. Hal ini diperkuat dari analisis PUTIN Jambi.


Menurut Direktur Putin Jambi, Dr Pahrudin, berdasarkan data survey mereka, masih menempatkan Maulana sebagai kandidat paling potensial menjadi Walikota Jambi. Yang mengejutkan, posisi berikut justru muncul nama baru yang memang sudah populer di mata masyarakat, yakni M Syukur, anggota DPD RI dapil Jambi.


Pahrudin juga heran mengapa nama Syukur muncul di survey untuk Pilwako Jambi. Padahal, Syukur berasal dari Merangin. “Mungkin publik mengenalnya sebagai anggota DPD RI. Yang jelas, Syukur cukup diperhitungkan untuk Pilwako Jambi,”kata Pahrudin.


Nama lain yang sudah cukup populer adalah Ratu Munawaroh, Politisi PDIP. Ratu memang sudah lama dikenal sebagai istri mendiang Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin. Munculnya nama Ratu tentu bukan sesuatu yang baru dan mengejutkan. Beredar kabar, PDIP memang tengah menyiapkan Ratu untuk berlaga di Pilwako Jambi.


Ada nama lain yang cukup diperhitungkan di survey PUTIN. Antaralain Iqbal Linus dan Sum Indra.


Iqbal Linus dikenal sebagai putra seorang pengusaha batubara tersohor di Kalimantan. Ia kini diperkuat setelah masuk dalam circle (lingkaran dalam) keluarga Busro. Itu setelah ia menikahi adik kandung Masnah Busro, mantan Bupati Muaro Jambi. Kemudian, nama lain yang tak kalah populer adalah Sum Indra, anggota DPD RI yang juga mantan Wakil Walikota Jambi. Nama cucu Nurdin Hamzah itu muncul di survey Putin dan cukup diperhitungkan.


Termasuk Budi Setiawan, Ketua KONI Provinsi Jambi dari partai Golkar.


“Ini nama yang sudah cukup populer dan lama dikenal warga Kota Jambi,”jelas Pahrudin.


Soal nama baru seperti Kemas Fuad, Roro dan Eko Sablon, Pahrudin menyebut belum masuk radar survey. Karena kemunculan mereka baru beberapa hari ini.


Kalau Eko Sablon sempat muncul di survey. Tapi, Kemas Fuad dan Roro baru muncul beberapa hari, belum masuk radar survey kami,”tegasnya.


Meski demikian, Pahrudin mengaku masing-masing punya peluang. Tapi peluang besar masih dimiliki Maulana dan nama populer lain. Jika para pendatang baru ini ingin menang, tentu mereka harus bekerja keras untuk menghadapi tokoh-tokoh sekaliber Maulana ataupun HAR. Paling realistis adalah mereka menjadi nomor dua atau calon wakil walikota.


Sumber artikel: JambiLink.com 

Posting Komentar untuk "Kurang Populer, Pendatang Baru Sulit Menang di Pilwako Jambi 2024"