Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Al Haris Menangkan Kembali Pilgub Jambi Bersama PAN Lebih Besar Ketimbang Romi Hariyanto



JAMBI - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi akan digelar pada 27 November 2024 mendatang, sejumlah nama mencuat kepermukaan yang disebut akan menjadi lawan kuat sang petahana Gubernur Al Haris. 


Seperti nama Bupati Batanghari M. Fadhil Arief. Namun Ketua DPW PPP Provinsi Jambi ini secara resmi belum menanggapi isu yang menyebut dirinya akan maju pada Pilgub mendatang. 


Selain nama Bupati Batanghari ada nama Bupati Tanjungjabung Timur, Romi Hariyanto, yang kini telah resmi menyatakan bahwa dirinya akan maju sebagai calon gubernur Jambi pada Pilgub nanti. 


Dengan bangga dan rasa percaya diri yang tinggi, Romi Hariyanto yang juga satu kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini, menyatakan sikap akan menjadi penantang pada Pilgub Jambi yabg akan digelar November mendatang. 


Romi sangat percaya diri bahwa dirinya akan diboyong partai matahari terbit (PAN, red) sebagai cagub ketimbang Al Haris. 


Namun sayang, pernyataan Romi yang selalu menjadi kontroversi di internal partai tersebut seakan angan angan saja alias isapan jempol belaka. Hal ini terlihat dengan penilaian yang disampaikan Akademisi IAIN Jambi, Wawan Novianto kepada Detik belum lama ini. 


Menurutnya langkah Gubernur Al Haris untuk maju kembali sebagai cagub Jambi itu dinilai tepat karena sebagai petahana peluang untuk menang pilkada cukup besar.


Wawan Novianto mengatakan, peluang Al Haris di Pilgub Jambi dinilai besar dan terbuka lebar. Sosok Al Haris yang merupakan incumbent diyakini memiliki jaringan besar yang telah dibangun.


"Saat ini peluang Al Haris itu sangatlah besar, itu karena punya kelebihan-kelebihan yang dia miliki, misalnya jaringan yang sudah dibangunnya saat ini. Lalu diuntungkan oleh penjabat yang sudah ditunjuknya dan ini pasti sangat berdampak, dan kemudian terakhir mungkin saja ada pula nanti akan muncul koalisi pusat ke daerah," kata Wawan kepada detikSumbagsel, Selasa (19/3/2024)


Menurut Wawan, Al Haris yang kini sebagai pemenang Pilgub dan juga berperan dalam memenangkan Pilpres dan kursi Pileg DPRD Jambi bisa menjadi koalisi pusat itu akan berdampak ke daerah. Meski itu tidak pasti dan bisa saja berubah, namun Wawan menilai pusat akan melirik Al Haris dengan semua potensinya.


Potensi kemenangan Al Haris juga diyakini tak akan goyang meski ada beberapa nama kandidat yang akan maju di Pilgub Jambi seperti Cek Endra, Fasha, Fadhil Arief dan terakhir Romi Hariyanto.


"Nah untuk PAN ini, siapa yang akan diusung Al Haris atau Romi, ya saya rasa biasanya kan tadi kalau incumbent itu pasti punya nilai tawar ya, terkecuali ada kejadian luar biasa, tetapi jika soal kinerja bagaimana PAN hari ini mungkin pusat akan menghargai, melihat partai yang sudah dibangun, apalagi kursi PAN di DPRD Jambi juga meningkat ya? Dan itu juga salah satu kinerja nya dia (Al Haris) juga kan yang turut membantu bahwa mesin partai berjalan," ujar Wawan.


Saat ini, dengan kuatnya Al Haris sebagai petahana di Pilgub Jambi membuat beberapa orang mulai tidak menerimanya.


"Ya namanya juga politik jadi itu hak konstitusional ya, sama dengan kalau ada yang mau maju itu sama saja dengan hak konstitusional juga. Jadi kalau itu biasa mulai mau berkampanye lah kan, biasanya itu juga disebut kampanye belah bambu yang mana lawan di jatuhkan dia nya diangkat gitu, tetapi itu sudah biasa memang dalam politik," ucap Wawan.


Dosen IAIN Kerinci itu juga mengatakan saat ini ada kemungkinan besar lawan Al Haris akan banyak bermunculan jika hasil putusan MK memperbolehkan caleg lolos buat maju pilkada sebelum dilantik tanpa harus mengundurkan diri. Bagi Wawan, itu akan kemungkinan besar lawan bermunculan karena tak mengganggu pelantikannya.


"Tetapi biasanya jika itu dibolehkan maka kandidat yang banyak maju itu adalah kandidat coba-coba lah kan (sekadar coba-coba ikut Pilgub Jambi)," tegas Wawan.


(*/)

1 komentar untuk "Peluang Al Haris Menangkan Kembali Pilgub Jambi Bersama PAN Lebih Besar Ketimbang Romi Hariyanto"