Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemilu 2024, 15 TPS Masuk Kategori Rawan

 


Pemayung.id -- Pemetaan wilayah rawan mulai dilakukan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Tidak terkecuali oleh Polres Batanghari yang juga telah  melakukan pemetaan tersebut.

Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto me yebutkan bahwa pemetaan yang dilakukan pihaknya dibagi menjadi tiga, yaitu kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Kategori tersebut bukan ditentukan dari tingkat kriminalitas wilayah, kondisi geografis dan sosial.

“Kalau untuk kategori rawan sendiri di Batanghari, yaitu karena lokasi wilayah. Maksudnya seperti lokasinya jauh yang harus sampai menyeberang sungai, atau mungkin lokasi wilayah yang rawan longsor. Bukan rawan kriminal,” jelasnya.

Hasil pemetaan, dari 908 tempat pemungutan suara (TPS) terdapat 893 TPS masuk dalam kategori kurang rawan. Kemudian 15 TPS masuk dalam kategori rawan.

“Untuk pemetaan wilayah itu terbagi dari kurang rawan, rawan dan sangat. Itu kita belajar dari Pemilu  kemarin, sekarang ini jumlah TPS-nya kan 908. Untuk kategori kurang rawan 893 dan rawan 15,” jelasnya.

Bambang mengatakan bahwa nantinya pada saat pemilu untuk wilayah dengan kategori kurang rawan akan disiapkan satu polisi untuk tiga TPS serta satu polisi untuk satu TPS kategori rawan.

“Kalau untuk kurang rawan satu polisi tiga TPS dan kalau rawan itu satu polisi satu TPS dibantu dengan linmas,” jelasnya.

Sebelumnya, Bawaslu Provinsi Jambi meliris Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Jambi sendiri masuk dalam 8 Provinsi dengan katagori rawan rendah.

Hal ini berbeda dengan Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 lalu. Dimana Provinsi Jambi masuk dalam kategori rawan tinggi.

Ada tiga katagori IKP yakni rawang tinggi, rawan sedang dan rawan rendah. Untuk rawan tinggi ada 5 Provinsi, rawan sedang 21 Provinsi, dan rawan rendah 8 Provinsi.

IKP merupakan program nasional yang salah satu bagian dari aspek pencegahan. Ada tiga tujuan kenapa adanya IKP, pertama memetakan potensi kerawanan, kedua melakukan proyeksi dan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran. 


Sumber: jambiekspres.bacakoran.co

Posting Komentar untuk "Pemilu 2024, 15 TPS Masuk Kategori Rawan"